1. Jurnal MELATI menerima artikel penelitian atau literature review yang mencakup bidang ekonomi dan bisnis dan atau terkait dengan berbagai tema seperti akuntansi, manajemen, pasar modal, etika bisnis, perpajakan, kewirausahaan, sistem informasi, serta bidang ekonomi dan lainnya yang belum pernah dipublikasikan. Naskah diketik dengan Ms. Word, Times New Roman, ukuran font 12, menggunakan kertas A4 (210 mm x 297 mm) dengan batas atas 4 cm; di bawah 3 cm; kiri 4 cm; kanan 3 cm
  2. Naskah dikirimkan secara online melalui OJS Jurnal ABADI di https://ejournal.ahmaddahlan.ac.id/index.php/melati
  3. Semua penulis dalam artikel harus dicantumkan/diketik di OJS Jurnal MELATI saat mengisi "Penulis/Author" dalam proses pengiriman/Submission artikel.
  4. Ditulis dalam bahasa Indonesia baku. 1 spasi antar baris. Setiap paragraf dimulai sekitar 3 ketukan ke kanan.
  5. Sistematika artikel penelitian: Judul (Bahasa Indonesia dan Inggris), Identitas Penulis (Nama, Afiliasi, dan Email), Abstrak disertai Kata Kunci, Pendahuluan, Metodologi, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka (Referensi).
  6. Judul artikel maksimal 14 kata, diketik di tengah (center), menggunakan Times New Roman dengan ukuran font 14 pt Indonesia dan English ITALIC.
  7. Identitas Penulis: nama lengkap tanpa gelar akademik (jika penulis lebih dari satu, semua nama penulis dicantumkan beserta institusi asal masing-masing penulis) menggunakan Times New Roman dengan ukuran font 12 pt Regular. Afiliasi penulis harus dalam font Reguler 12 pt. Alamat email harus dalam font 12 pt.
  8. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris menggunakan 1 spasi disertai dengan 3-5 kata kunci (ditulis dengan abjad), menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran font 12 pt. Abstrak dituliskan dalam satu paragraf maksimal 200 kata (English Abstract menyesuaikan). Abstrak meliputi latar belakang/pentingnya topik penelitian, tujuan Penelitian, mitra Penelitian, metode, dan hasil Penelitian. Abstrak harus menjelaskan tentang apa, mengapa, bagaimana, apa yang ditemukan dan apa maknanya dan diakhiri dengan saran/rekomendasi tentang pentingnya hasil Penelitian. Abstrak dan kata kunci yang dimasukkan dalam OJS bersifat abstrak, dan kata kunci dalam bahasa Indonesia.
  9. Pendahuluan ditulis tanpa subbagian yang terdiri atas latar belakang, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, dan telaah teori/tinjauan pustaka yang relevan dengan masalah atau fenomena yang diteliti. Cara penulisan sumber dalam teks perlu menunjukkan secara jelas nama author dan sitasi sumber, yang berupa tahun terbit dan halaman tempat naskah berada. Penulisan singkatan dan juga akronim diberikan keterangan kepanjangan akronim pada awal penulisan, dan akronim ditulis dalam tanda kurung. Ditulis menggunakan jenis font Times New Roman 12, satu spasi.
  10. Metodologi berisi tentang merumuskan masalah yang diteliti secara lebih rinci (sedapat mungkin dituliskan secara matematis) dan menjelaskan metode yang diusulkan.
  11. Hasil dan Pembahasan menguraikan hasil analisa dan pembahasan. Berisi penjelasan mengenai deksripsi hasil penelitian secara rinci, serta penerimaan/penolakan hipotesa yang diajukan. Selain itu berisi terkait pembahasan hasil penelitian, apakah mendukung atau menolak penelitian terdahulu yang sudah dilakukan. Ditulis dengan jenis font Times New Roman 12, spasi 1.
  12. Kesimpulan dibuat secara ringkas, jelas dan padat didasarkan pada hasil dan diskusi, dibuat dalam bentuk alinea/paragraf (bukan numerik), berisi hasil kegiatan dan hasil pembahasan.
  13. Daftar Pustaka hanya mencantumkan sumber yang dikutip. Penulisan referensi mengacu pada American Psychological Association (APA) 6Ed Style dan menggunakan tools penyusunan daftar pustaka (misalnya Mendeley, Refworks, Endnote, Zotero, Reference Manager). , seperti contoh berikut:

Badan Pusat Statistik Lamongan. 2018. Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi. Januari. Lamongan: BPS.

Fidiana, I. Triyuwono, dan A. Riduwan. 2012. Zakah Perspectives as a Symbol of Individual and Social Piety: Developing Review of the Meadian Symbolic Interactionism. Global Conference on Business and Finance Proceedings 7(1). 3-6 January 2012. The Institute of Business and Finance Research: 721-742.

Himman, L. M. 2002. A Moral Change: Business Ethics After Enron. San Diego University Publication. http:ethics.sandiego.edu/LMH/oped/Enron/index.asp. (Diakses pada 27 Januari 2008).

  1. Artikel ditulis mengikuti template penulisan artikel di Jurnal MELATI.
  2. Hindari duplikasi, fabrikasi, pemalsuan, dan plagiarisme.
  3. Penulis melampirkan Pernyataan Keaslian Naskah (Bukti Similarity Artikel) pada saat mengirimkan artikel.
  4. Segala sesuatu yang berkaitan dengan izin pengutipan atau hal-hal lain yang berhubungan dengan HKI yang dilakukan oleh pencipta, termasuk akibat hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab pencipta sepenuhnya.